RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SEKOLAH : SDN 36 SETOR KARYA
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas /
Semester : IV / 2
Standar
Kompetensi : 6. Membaca
surah-surah Alquran
Kompetensi
Dasar : 6.1 Membaca
surah Alquran dengan lancar
Alokasi
Waktu : 6 ´
35 menit (2´ pertemuan)
Tujuan
Pembelajaran : 1. Siswa dapat melafalkan Surah Al Kausar dengan makhraj dan harakat
yang benar
2. Siswa dapat menerapkan hukum bacaan yang ada
pada Surah Al Kausar
3. Siswa dapat mengartikan Surah Al Kausar
4. Siswa dapat menghafal Surah Al Kausar
5. Siswa dapat menyalin ayat dan kalimat Alquran
Karakter siswa yang diharapkan : Dapatdipercaya( Trustworthines) , Rasa hormat dan
perhatian ( respect) , Tekun ( diligence ) , Tanggungjawab ( responsibility), Berani ( courage ), Ketulusan (Honesty ), Integritas (integrity ) , Peduli ( caring
) dan Jujur ( fairnes ).
Materi
Pembelajaran : Surah Al
Kausar
Metode
Pembelajaran : 1. Siswa melafalkan Surah Al Kausar sacara klasikal, kelompok dan individu
dengan makhraj dan harakat yang benar
2. Siswa berlatih menerapkan hukum bacaan yang
ada pada Surah Al Kausar
3. Siswa berlatih mengartikan Surah Al Kausar
4. Siswa menghafalkan Surah Al Kausar
5. Siswa berlatih menyalin ayat dan kalimat
Alquran
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
1. Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi :
F
Tadarus bersama surah-surah yang telah dihafal siswa
F Memperkenalkan
bahan ajar yang menarik dan berguna bagi siswa melalui fitu mutiara islam dan Sepenggal Kisah
2. Kegiatan Inti .
& Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F SiswaMembaca
surah Alquran dengan lancar
& Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F
Siswa
melafalkan Surah Al Kausar dengan harakat dan makhraj
yang benar secara klasikal, kelompok dan
individu
F
Siswa melafalkan Surah Al Kausar dengan menerapkan hukum
bacaan yang ada di Surah Al Kausar dan menampilkan kemampuannya di depan kelas
F
Siswa mengartikan Surah Al Kausar secara kelompok dan
menampilkan kemampuannya melalui wakil masing-masing kelompok di depan kelas
F
Siswa menghafal Surah Al Kausar secara klasikal kelompok
dan individu
F
Siswa menyalin ayat dan kalimat Alquran secara
individu
& Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
3. Kegiatan Penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
F
Guru mengadakan tanya jawab dengan
siswa seputar hukum bacaan yang ada pada Surah Al Kausar
F
Guru memberi tugas siswa untuk menyalin Surah Al
Kausar di buku tugas
F Guru
membacakan kesimpulan dari materi Surah Al Kausar yang
telah disampaikan
Alat / Sumber Belajar:
1. Tekslafal Surah Al
Kausarbesertaartinya di kartonataupapantulis
2. Bukutajwid
3. BukuPendidikan Agama
Islam
4. Alquran (JuzAmma)
5. Kaset/CD Alquran
6. Pengalaman guru
Penilaian:
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
Ø Melafalkan Surah Al Kausar dengan makhraj dan harakat yang benar
Ø Menerapkan hukum bacaan pada surah Al quran
Ø Mengartikan Surah Al Kausar
Ø Menghafal Surah Al Kausar
Ø Menyalin ayat dan kalimat Alquran
|
Teslisan
Teslisan
Tes tulis
Tes lisan
Tes tulis
|
Pelafalan
Pelafalan
Pelafalan
Hafalan
Jawaban singkat
|
Ø
Lafalkan
surah Al Kausar!
Ø Bacalah surah Al Kausar sesuai dengan makhraj dan tanda baca
yang benar!
Ø Apakah arti ayat
فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ
Ø Hafalkan surah Al Kausar!
Ø ان شانئك هوالابتر
Salinlah dan berilah tanda baca yang sesuai dengan ayat
di atas!
|
1.Produk ( hasildiskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
*
semuasalah
|
4
3
2
1
|
2.Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
*
bekerjasama
*
kadang-kadangkerjasama
*
tidakbekerjasama
*
aktifberpartisipasi
*
kadang-kadangaktif
*
tidakaktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3.
LembarPenilaian
No
|
NamaSiswa
|
Performan
|
Produk
|
JumlahSkor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah
skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
v
UntukSiswa yang belummemenuhisyaratnilaisesuai KKM
makadiadakan Remedial.